Tajin Sobih




TAJIN SOBIH
( Bubur Madura Dari Bangkalan )

Bubur Ini Sangat Gurih Serta Manis, Rasa Manis Bubur ini Di Dapat Dari Gula Merah atau Kalo Orang Madura Bilang Guleh Gentong.
Sebenarnya Bubur ini kurang lebih sama dengan bubur pada umumnya tapi ada satu ciri dari bubur ini adalah salah satu campuran bubur ini yaitu pada salah satu campuran dari Bubur ini.
Warnanya Coklat Panjang agak lonjong dan ukurannya hampir sama, menurut salah satu pembuat Tajin Sobih Yang bernama Bok Huda ketika di temui Penulis, Bahan Untuk membuat ini adalah Tepung Ketan dan Gula merah dan membuatnya agak rumit dan memerlukan keahlian khusus karena Apabila Ukuran serta campuran bahan salah Kematangannya Bakalan tidak merata karena hal ini menjadi salah satu kunci dari enak tidaknya Tajin Sobih.
Masih Menurut Bok Huda Selain itu Kualitas Gula Merah yang Di gunakan Harus juga di perhatikan karena Sebagai Bahan dasar Harus Bisa menyatu dalam Campuran Tajin Sobih.

Asal Tajin Sobih.
Tajin Sobih Adalah Kuliner Asli Bangkalan, Di Namakan Tajin Sobih Karena Penjualnya memang dari Desa Sobih di Kecamatan Burneh Kabupaten Bangkalan atau Sekitar kurang lebih 7 Km dari Pusat kota Bangkalan.
Di Bangkalan Bubur ini Sangat Mudah di Jumpai dan yang pasti penjualnya pasti Orang dari Desa Sobih atau Masih Ada garis Keluarga dengan Orang Sobih.
Penulis Pernah Mencicipi Bubur ini di salah satu Hotel berbintang di Surabaya dan rasanya Lumayan Enak tapi Harganya Lumayan agak mahal, tapi menurut Penulis Lebih Enak Yang Asli Dari Sobih selain Murah juga Meriah.
Kepada Pembaca, Selamat Mencoba Menikmati Tajin Sobih ( Bubur Madura Dari Bangkalan ) Dan Penulis Jamin Sekali Mencoba Bakal Ketagihan Lagi, Lagi Dan Lagi...

(@gus Lempar dari www.aguslempar.com)
Didukung Juga Oleh Media Online www.Nyapsab.org Pelestarian Nilai Budaya & Potensi Madura...

Share this