Eco Driving Solusi Terbaru Berkendara Aman dan Hemat

Tidak bisa dipungkiri semakin lama keadaan bumi yang kita tinggali ini semakin tua. Bayangkan saja asap polusi bertebaran dimana-mana udara tidak lagi bisa dihirup segar seperti beberapa tahun lalu. Meningkatnya tingkat polusi merupakan akibat dari penggunaan kendaraan bermotor yang signifikan. Beberapa waktu yang lalu tim Mobil 123 Portal otomotif No 1 mengadakan acara gathering membahas masalah ini.

Dengan menerapkan Eco Driving dalam berkendara kita bisa mampu meminimalisir peningkatan asap polusi di sekitar kita. Eco Driving adalah cara mengemudi yang bertujuan untuk mengoptimalkan konsumsi bahan bakar dan sangat berperan dalam mengurangi resiko kecelakaan di jalan raya. Selain itu penting untuk kita mengetahui 3 aspek Driving Skill yang harus kita kuasai saat berkendara.

Defesive Skill, memperhatikan keamanan kita saat berkendara juga keamanan pengendara lainnya. Safety Driving, berkendaralah secara aman tanpa berpikir akan membahayakan pengendara lainnya yang juga ada di jalan raya. Eco Driving berkendara dengan tepat dan bisa berkontribusi terhadap program pelestarian lingkungan.


Lalu apa yang bisa kita lakukan untuk bisa berkendara dengan Eco Driving ?

1. Lakukan akselerasi/penekanan pedal gas secara perlahan (bertahap).

Hindari start dengan akselerasi tinggi, jika dirasa tenaga sudah cukup, segera pindahkan ke gigi yang lebih tinggi (Transmisi Manual). Akselerasi mendadak dapat mengakibatkan terjadinya konsumsi bahan bakar secara berlebihan.

2. Hindari membebani mesin atau putaran mesin berlebihan

Untuk Transmisi manual, gunakan posisi roda gigi yang sesuai dengan kondisi jalan. Sebaiknya pindah gigi di 2000 RPM untuk menjaga agar tetap ekonomis tanpa harus kehilangan torsi untuk menggerakkan kendaran. Sedangkan untuk Transmisi Otomatis Putaran mesin dapat dijaga di sekitar 2000 RPM, agar pemakaian bahan bakar dapat optimal.

3. Antisipasi terhadap kondisi lalu lintas untuk

Menghindari akselerasi dan deselerasi mendadak yang terus-menerus.

• Berkendaraan dengan sering berhenti dan berangkat lagi (Stop & go) membuat bahan bakar boros

• Selalu jaga jarak aman terhadap mobil di depan.

• Berikan jarak aman dengan perkiraan apabila mobil depan melakukan pengereman kita punya ruang untuk melambatkan laju mobil, sebelum menginjak rem kaki.

• Untuk jalanan macet sebaiknya injak lah pedal gas dengan sangat halus, rasakan agar mobil bergerak perlahan dan segera lepas pedal gas sedikit untuk meminimalkan peggunaan bahan bakar.

4. Jangan meletakan kaki pada pedal kopling (Transmisi manual)

Saat berkendara atau berkendara setengah kopling. Hal ini bisa menyebabkan keausan kopling lebih cepat, kopling menjadi terlalu panas (Selip), dan boros bahan bakar.

5. Hindari pengereman tidak perlu.

Sebisa mungkin menggunakan engine brake untuk mengurangi kecepatan pertahankan dengan kecepatan yang tetap. Jaga jarak yang tepat dari kendaraan di depan kita untuk menghindari pengereman mendadak.



6. Pertahankan pada kecepatan yang cukup wajar di jalan tol.

Apabila kita berkendaraan semakin lebih cepat, konsumsi bahan bakar semakin lebih boros. Dengan mengurangi kecepatan kendaraan. Otomatis kita akan menghemat konsumsi bahan bakar.

7. Hindari mesin idling (menyala dalam kondisi netral) terlalu lama.

Matikan mesin kendaraan jika sedang menunggu lama atau berhenti pada waktu lama, dan kemudian dihidupkan lagi.

8. Aktifkan penyejuk udara (AC) dengan temperature tidak terlalu dingin atau matikan bila perlu.

Begitu pula dengan peralatan listrik lainnya. Hal ini akan membuat kerja kompresor tidak terlalu lama dan mengurangi beban besar pada mesin sehingga akan menghemat konsumsi bahan bakar. Suhu AC tidak perlu di set pada suhu minimum terus menerus, selain ruangan menjadi terlalu dingin, mesin mobil menjadi terbebani terus menerus.

9. Tutup jendela pada kecepatan tinggi.

Mengemudi dengan jendela terbuka dengan kecepatan tinggi akan menganggu aerodinamika kendaraan dan menurunkan nilai ekonomis bahan bakar.

10. Jangan bertindak agresif, santai saja dalam mengemudi

• Tidak perlu terburu-buru, usahakan pikiran kita bisa tetap fokus dan tenang agar tidak mudah terbawa situasi untuk menjadi pengemudi yang agresif

• Apabila kita diprovokasi oleh pengendara agresif, jangan ditanggapi, ingatlah pada tujuan kita untuk mengemudi secara ekonomis

• Usahakan kita telah mempunyai cukup waktu untuk mencapai tujuan, usahakan juga jangan mepet ya.

Begitulah beberapa Skill yang harus bisa kita kuasai saat berkendara supaya kita bisa berkendara dengan aman, nyaman dan tentunya hemat bahan bakar. Eco Driving solusi terbaru berkendara aman dan hemat.

Share this

1 comment

Salah satu solusi agar hemat bahan bakar tentu saja konsep Eco Driving ini ya :)